Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci 1 dan 2 Tabung yang Perlu Anda Tahu

Memilih mesin cuci yang tepat dapat mengurangi beban pekerjaan mencuci menjadi lebih ringan. Di pasaran, terdapat dua jenis mesin cuci yang familiar di masyarakat, yaitu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung.

Hanya saja, asumsi akan kelebihan dan kekurangan kedua jenis mesin cuci tersebut masih menjadi perdebatan. Alih-alih membandingkan mana yang terbaik, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Harapannya, ulasan ini dapat membantu Anda dalam memilih mesin cuci terbaik.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci 1 dan 2 Tabung

1.     Penempatan Minimalis VS Memakan Banyak Tempat

Mesin cuci 1 tabung dapat berfungis sebagai wadah pencuci sekaligus pengering sehingga ukurannya lebih ramping dan minimalis. Ditempatkan di ruangan terbatas pun tidak merepotkan. Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung, dimensinya yang lebar membutuhkan ruang cuci yang lebih luas.

2.     Fitur Otomatis VS Semi Manual

Mesin cuci 2 tabung dengan dimensi lebih luas bukan berarti memiliki fitur lebih lengkap. Justru sebaliknya, mesin cuci 1 tabunglah yang biasanya dilengkapi fitur lebih lengkap karena dimensinya yang terbatas.

Sementara itu, mayoritas mesin cuci 2 tabung masih menggunakan sistem semi otomatis yang harus dipantau terus-menerus.

3.     Hemat Waktu VS Hemat Energi

Meskipun mesin cuci dengan 2 tabung bersistem semi otomatis, penggunaan energi jauh lebih hemat dibandingkan mesin cuci 1 tabung. Fungsi otomatis memang praktis, sayangnya harus diimbangi dengan penggunaan daya listrik yang tinggi sehingga ada kemungkinan biaya listrik bulanan lebih mahal.

Mesin cuci 1 tabung lebih diperuntukan bagi orang dengan kesibukan tinggi. Bila Anda mencari hasil pencucian otomatis yang menghemat waktu, sebaiknya pilih mesin cuci 1 tabung.

4.     Hemat Air VS Butuh Banyak Air

Selain hemat waktu, mesin cuci 1 tabung lebih hemat dari segi penggunaan air dibandingkan mesin cuci 2 tabung. Sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah kekurangan air. Tetapi, bila merasa terbebani dari segi biaya listrik, mesin cuci 2 tabung merupakan pilihan terbaik.

5.     Tingkat Pengeringan 90% VS 70%

Dari segi proses pengeringan, mesin cuci 1 tabung bekerja lebih efektif. Jika boleh dibandingkan, tingkat kekeringannya mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung adalah 90% dan 70%.

Selain memiliki tingkat kekeringan lebih tinggi, Anda tidak perlu memindahkan muatan basah karena semua dikelola otomatis dalam satu wadah mesin cuci jenis 1 tabung. Tidak seperti pada mesin tabung 2 yang mana harus berhati-hati saat proses pemindahan baju basah ke tabung pengering karena rentan sengatan listrik.

6.     Pembelian dan Perawatan Relatif Mahal VS Terjangkau

Melihat dari beberapa kekurangan dan kelebihan di atas, tidak heran mesin cuci dengan 1 tabung dijual dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan mesin cuci 2 tabung.

Untuk pemeliharaan juga memakan biaya yang tidak sedikit karena mengandung banyak suku cadang akibat dari fitur-fitur yang disematkan dalam mesin cuci 1 tabung. Meskipun begitu, bukan berarti mesin cuci 2 tabung tidak berkualitas. Sharp adalah salah satu merek mesin cuci 2 tabung dengan kualitas terbaik yang direkomendasikan. Segera cek harga mesin cuci 2 tabung Sharp terkini.

Leave a Comment