Tips untuk Ibu Hamil 10 Minggu Agar Si Kecil Tumbuh Optimal

Hamil menjadi salah satu anugerah terindah yang ingin dirasakan oleh sepasang suami istri yang memutuskan punya anak. Biasanya ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil sesuai dengan trimesternya, terutama jika usia kehamilan masih berada di trimester awal. Menjaga kehamilan harus dilakukan sebaik mungkin, termasuk saat ibu memasuki usia kehamilan 10 minggu. Kira-kira apa saja tips untuk ibu hamil 10 minggu yang patut diketahui?

Bagaimana Cara Menjaga Kehamilan Usia 10 Minggu?

Ibu hamil harus menjaga diri dan janinnya dengan baik. Apalagi jika usia janin masih 10 minggu. Usia kehamilan ini tergolong muda, karena ukuran si kecil kira-kira masih sebesar buah kelengkeng dengan berat 7 gram dan panjang 2,54 cm.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kehamilan yang bisa Anda terapkan saat memasuki usia kehamilan 10 minggu:

Menjaga Emosi Agar Tidak Stress

Cara menjaga kehamilan yang pertama adalah menjaga emosi sebaik mungkin supaya tidak merasakan stress. Ada beberapa ibu yang sudah bisa mengendalikan emosinya dengan baik, tapi ada juga yang masih kesulitan. Ibu hamil selalu dianjurkan untuk berbahagia, karena kondisi stress dan tertekan bisa berpengaruh pada kondisi janin.

Jika perlu, tidak ada salahnya untuk menjaga jarak dengan orang-orang yang dianggap membawa pengaruh buruk.

Menjaga Asupan Nutrisi

Ibu hamil di usia 10 minggu biasanya sedang mengalami mual yang hebat. Banyak yang sampai tidak bisa makan karena tidak bisa menerima makanan yang masuk. Padahal nutrisi dari ibu hamil sangat penting untuk menjaga bayi supaya bisa tumbuh dengan optimal.

Caranya bisa dengan makan sedikit demi sedikit saja, hindari makanan yang dianggap memicu mual lebih parah. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan juga.

Menghindari Asap Rokok dan Minuman Beralkohol

Pasti merupakan tantangan yang besar untuk ibu hamil yang memiliki suami perokok. Apapun alasannya, ibu hamil harus menghindari asap rokok. Rokok mengandung nikotin yang bisa membahayakan janin. Sehingga ibu hamil dianjurkan untuk menjauhi asap rokok selama kehamilan. Anda bisa meminta suami untuk merokok di luar rumah saja.

Selain menjauhi asap rokok, Anda juga harus menghindari minuman

Rajin Mengonsumsi Vitamin

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang berbeda tiap trimester. Saat usia kehamilan 10 minggu, ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Mulai dari asam folat, protein, kalsium, vitamin D, dan zat besi.

Nutrisi tersebut memang bisa ditemukan dari makanan, tapi belum tentu bisa memenuhi kebutuhan harian. Itulah kenapa Anda disarankan untuk rajin mengonsumi vitamin yang diberikan oleh bidan atau dokter kandungan Anda.

Memantau Kenaikan Berat Badan

Jangan lupa untuk selalu memantau kenaikan berat badan selama hamil. Mengukur kenaikan berat badan supaya tetap optimal adalah hal yang penting karena bisa menghindari obesitas yang bisa mengganggu perkembangan janin usia 10 minggu. Lebih baik berkonsultasi ke dokter atau bidan untuk menentukan berat badan ideal Anda.

Waspada Berhubungan Intim

Poin lainnya adalah lebih waspada mengenai hubungan intim saat masih hamil 10 minggu. Beberapa dokter mungkin menyarankan untuk tidak berhubungan intim terlebih dahulu jika Anda memiliki risiko mengalami pendarahan, risiko melahirkan prematur, atau mungkin kebocoran cairan ketuban.

Dokter juga mungkin akan mengizinkan Anda untuk berhubungan intim jika kehamilan dianggap normal. Tentu saja dengan beberapa pertimbangan tertentu.

Membatasi Aktivitas Berat

Tips menjaga kehamilan selanjutnya adalah membatasi aktivitas berat saat sedang hamil 10 minggu. Untuk menjaga kehamilan tetap stabil, pastikan Anda menjaga waktu istirahat dengan baik. Usahakan supaya tubuh tetap fit dan tidak sampai pingsan.

Lebih baik beraktivitas semampu Anda saja, jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berat. Apalagi kondisi masih mual-mual dan mudah lelah.

Apa yang Dirasakan Ibu Saat Usia Kehamilan 10 Minggu?

Di usia kehamilan 10 minggu, ibu hamil mungkin merasakan beberapa gejala seperti berikut ini:

  • Indra penciuman bertambah sensitif
  • Perut mual dan kembung
  • Mudah lelah
  • Mood swing.
  • Sembelit
  • Mengalami mimpi aneh-aneh
  • Payudara terasa nyeri
  • Mulut terasa pahit

 Sebenarnya gejala yang dirasakan oleh ibu hamil berbeda-beda. Sebagian besar mengalami sejumlah gejala di atas, tapi ada juga yang tidak merasakan mual sama sekali selama kehamilan.

Bagaimana Perkembangan Janin Usia 10 Minggu?

Janin yang berusia 10 minggu telah mengalami perkembangan berikut ini:

  • Mulut, hidung, dan mata sudah mulai terlihat
  • Organ vital mulai terbentuk
  • Ginjal janin sudah memproduksi urine
  • Detak jantung mulai terdengar
  • Detak jantung terlihat saat pemeriksaan USG
  • Janin mulai bisa menelan
  • Telinga janin bagian luar tumbuh

Menjaga kehamilan dengan baik menjadi langkah awal supaya kondisi kesehatan ibu dan janin bisa terjamin. Tentunya sangat menyenangkan menanti kelahiran si kecil sambil mempersiapkan beberapa hal. Termasuk mempersiapkan apa saja yang perlu dibeli untuk menyambut kedatangan si kecil.

Apa Saja Perlengkapan untuk Newborn?

Ketika sudah memasuki usia kehamilan yang lebih besar, mungkin trimester kedua atau awal trimester ketiga, biasanya ibu hamil sudah bersiap-siap membeli perlengkapan newborn. Tujuannya supaya tidak terlalu mendadak dan bisa memilih dengan santai. Tentunya Anda melakukannya ketika sudah yakin dengan jenis kelamin si kecil.

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan untuk newborn:

  • Popok (bisa popok sekali pakai atau popok kain. Jika memilih popok kain pertimbangkan bahan yang aman dan berkualitas)
  • Celana bayi
  • Baju bayi
  • Tempat tidur bayi
  • Kaus kaki, topi, dan sarung tangan bayi
  • Perlengkapan mandi untuk bayi (sabun, handuk, bak mandi, sampo)
  • Bib kecil ketika bayi menyusu dan gumoh
  • Botol susu
  • Sikat botol susu
  • Tas bayi
  • Mainan dan hiburan untuk bayi

Botol susu menjadi salah satu perlengkapan yang sangat penting. Sebagai ibu, Anda tentu ingin selalu memberikan yang terbaik. Usahakan untuk membeli botol susu yang telah dilengkapi teknologi canggih seperti produk botol susu Dr. Brown’s.

Botol susu Dr. Brown’s menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang wajib Anda pertimbangkan karena kualitasnya yang telah diakui dunia. Ada teknologi Nipple Venting System yang bisa memisahkan jalur cairan susu dan udara. Hal ini bisa mencegah bayi mengalami kolik yang disebabkan oleh udara yang tertelan saat si kecil menyusu.

Kelebihan lain dari produk botol susu Dr. Brown’s Options+ lainnya adalah mempertahankan kualitas vitamin agar kadarnya tetap sama karena tidak tercampur udara.

Membeli botol susu sebagai perlengkapan newborn sangat membantu bagi ibu yang ingin menampung ASI. Jangan lupa juga untuk membeli breastfeeding newborn supaya bisa lebih optimal.

Jadi, selain memperhatikan tips untuk ibu hamil 10 minggu di atas, Anda juga harus mulai mempelajari persiapan untuk nanti menyusui si kecil. Termasuk memilih produk botol susu yang paling berkualitas dan BPA free seperti semua produk dari Dr. Brown’s.

Leave a Comment