Apa itu Osteoporosis? Penyebab, Gejala dan Cara Menghindari

Osteporosis merupakan penyakit tulang yang telah ditandai dengan menurunya massa tulang atau kepadatan tulang. Nah Osteoporosis ini juga disebut dengan pengeroposan tulang. Penyakit jenis ini sering dijangkit oleh orang yang berlanjut usia atau lansia.

Penyakit osteoporosis ini terjadi penurunan massa tulang yang mana tubuh sudah tidak mampu mengatur kandungan mineral yang ada didalam tulang. Selain itu juga terjadi ekrusakan arsitektur tulang yang menyebabkan penurunan kekuatan tulang. Lalu apa saja sih penyebabnya?

Penyebab Osteoporosis

Penyakit osteoporosis ini disebabkan oleh menurunya kemampuan tubuhmeregenerasi sel tulang yang mana nantinya bisa berimbas pada kepadatan tulang yang semakin menurun. Seperti yang kita tahu bahwa kemampuan regenarasi sel tulang ketika muda dan lanjut usia tentunya sangat berbeda. Oleh sebab itu, kecepatan regenerasi sel tulang ini akan melambat dengan sendirinya saat bertambahnya usia.

Gejala Osteoporosis

Gejala penyakit osteoporosis ini memang sering tidak muncul. Oleh sebab itu penyakit jenis ini sering disebut dengan sebutan Silent Killer karena penderita bisa tiba-tiba mengalami patah tulang.

Namun ada beberapa gejala yangs erring ditemui, yaitu antara lain: Pneurunan tinggi badan, gusi tampak menyusut, sakit punggung yang diakibatkan oleh tulang belakang yang telah patah, perubahan yang terjadi pada postur tubuh seperti membungkuk, mudah mengalami patah tulang dan kuku menjadi rapuh.

Cara Menghindari Osteoporosis

Ada beberapa cara untuk menghindari osteoporosis. Nah berikut cara-caranya yang bisa kamu lakukan

  • Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Cara menghindari yang pertama ialah kamu bisa mengkonsumsi kalsium dan vitamin D yang cukup. Seperti yang kita tahu bahwa kalsium merupakan mineral khusus yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya untuk kesehatan tulang.

Untuk orang yang berusia 9 tahun ke atas, dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium sebanyak 1.000 mg per harinya. Untuk perempuan yang berusia 51 tahun ketas dan laki-laki yang berusia di atas 71 tahun di anjurkan untuk mengkonsumsi kalsium sebanyak  1.200 mg.

Selain itu juga harus mengkonsumsi vitamin D yang mana bisa menjaga kesehatan tulang dan juga bisa membantu penyerapan kalsium. Untuk sumber vitamin D ialah sinar matahari pada saat pagi hari.

  • Mengubah Gaya Hidup

Cara menghindari yang kedua ialah mengubah gaya hidup. Seperti yang kita tahu bahwa mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat tentunya sangat kami anjurkan. Adapun caranya ialah dengan cara melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan secara rutin agar bisa menghindari penyakit osteoporosis. Kmau bisa berolahraga dnegan cara lari pagi, yoga atau olahraga lainya yang kamu sukai.

Dengan mengubah gaya hidup yang sehat, tentunya bisa kamu lakukan agar bisa terhindar dari penyakit osteoporosis.

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu osteoporosis, penyebab, gejala dan cara menghindari yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment